blank

Gambang syafaat. Jika berbicara tentang gambang syafaat tentunya tak bisa lepas dari maiyah. Maiyah sediri adalah forum yang dipelopori oleh Emha Ainun Najib/ Cak Nun yang kita sendiri memanggil dengan sebutan Mbah/ Mbah Nun.

Dari sekian banyak simpul maiyah, Gambang Syafaat menjadi salah satu simpul tua diantara simpul lainya. Ada Padhangmbulan sebagai ibu simpul, Mocopat Syafaat dan Gambang Syafaat sendiri menurut saya bisa dikatakan anak lanang. Anak lanang yang harus survive sendiri dengan tetap menjaga marwah orang tua, anak lanang yang harus memberi contoh untuk adik adiknya. Dengan tagline “Untuk Kesejahteraan dan Kebersamaan Indonesia” yang melekat sejak 1999, layaknya itu menjadi mantra tersediri dalam mengarungi perjuangan Gambang Syafaat sampai dengan sekarang dan seterusnya.

Dalam setiap acara Gambang Syafaat tentunya melibatkan banyak orang, salah satunya yg selama ini kita sebut dengan kata “Penggiat/ Pegiat”. Mereka yg dengan ikhlas, sabar, tanpa pamrih dan paksaan membantu menyiapkan segala kebutuhan gambang syafaat. Dari segi materi maupun non materi, mereka menyiapkan semuanya mulai dari tema yg akan diselenggarakan, mukadimah sinau bareng, teknis acara, panggung dan segala tetek bengeknya, bahkan konsumsi pun tak lepas dari perhatiaanya.

Pasang surut, suka duka dilalui bersama. Keluar masuk penggiat sudah hal biasa, bukan dengan masalah, melainkan dengan kesadaran membagi kebahagiaan yg didapat dari gambang syafaat untuk dibagikan ke keluarga dan lingkungan masing-masing. Kemesraan-kemesraan yang terjalin satu dengan lainnya, adu argumen pun sudah biasa, tentunya dengan satu tujuan untuk kemakmuran dan keberlangsungan Gambang Syafaat.

Seiring berjalannya waktu, Gambang Syafaat telah mengalami pendewasaan dalam banyak hal. Banyak kebaikan kebaikan yg muncul dari gambang syafaat. Dan hal itu juga yg menjadi landasan pada pertemuan ini untuk mengevaluasi dan merembug kebaikan apalagi yg akan kita salurkan ke sedulur sedulur kita diluar sana. Tentunya untuk mencapai itu semua gambang syafaat butuh masukan dan ide/ gagasan dari segala sudut pandang sedulur semua yang nantinya akan diolah dan dikolaborasikan menjadi gelombang kebaikan.

Dini Hari, 12 November 2023