Istilah luar biasa yang tercetus dalam pertemuan para pejalan sunyi. Kok ada istilah seperti itu? Wong tidak punya kepentingan kok malah disuruh masuk. Sedangkan di kantor-kantor bahkan forum yang mengatasnamakan “pengajian” haruslah orang yang diundang dan berkepentingan. Lalu siapa yang menggunakan istilah kuwalik bahwa tidak punya kepentingan boleh masuk? Majelis, forum dan gerombolan apa yang menggunakan istilah tersebut?

Tak usahlah kita susah mencari siapa dan di mana kalimat pada judul tulisan ini digunakan. Cukup Anda datang saja ke majelis, forum, organisasi, atau apa saja yang acaranya berhastag #sinaubareng maka disitulah kita akan menjumpai orang-orang yang mempunyai prinsip kuwalik, di Gambang Syafaat salah satunya. Lalu bolehkah yang berkepentingan masuk? Tentu boleh, wong yang tidak punya kepentingan saja boleh, apalagi yang punya. Tapi, bagi Anda yang berkepentingan jangan salahkan apabila Anda tidak mendapatkan “bati” mengikuti forum semacam ini.

Gambang Syafaat salah satu rumah bagi orang-orang yang tidak punya kepentingan, bahkan Gambang Syafaat disebut sebagai rumah tak berpintu. Wah tambah gendeng lagi ini kok ada rumah tidak pakai pintu, lalu bagaimana kalao ada maling. Tak usah lah bingung memikirkan rumah tak berpintu ini, kalau Anda mau masuk silakan, Anda mau maling juga silakan, atau Anda hanya ingin berteduh dari hujan atau panas lalu Anda pergi lagi juga silakan. Tidak ada yang melarang, silakan ambil, nikmati dan rasakan apa saja yang ada di rumah ini karena apa yang Anda ambil dan nikmati adalah milik Allah. Istimewanya lagi dari rumah ini adalah Nabi Muhammad penjaga pintunya dan Allah lah sang tuan rumah. Para penghuni hanya menjaga dan merawat rumah ini.

Secara kalender masehi, Gambang Syafaat memasuki usia 19 tahun pada 25 Desember 2018. Namun secara kalender tak kasat mata ia sudah berumur ratusan bahkan ribuan tahun, hanya saja baru ditemukan pada secara tak kasat mata juga pada 1999. Selamat ulang tahun ke-19 Gambang Syafaat, semoga rumah tak berpintumu semakin luas, selalu dirahmati oleh Allah dan diberi syafaat Kanjeng Nabi bagi seluruh penghuninya.

BERBAGI
Adib Aminudin
Aktif sebagai Penggiat di simpul Maiyah Gambang Syafaat Semarang.