blank

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin, berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa pada bulan Desember ini merupakan momentum yang spesial bagi Majelis Masyarakat Maiyah Gambang Syafaat. Di bulan Desember ini, forum Majelis Masyarakat Maiyah Gambang Syafaat terbentuk dan sudah berlangsung selama 18 tahun. Bukan perjalanan yang mudah dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun. Tentunya sangat membutuhkan perjuangan dan kerja sama antara penggiat maupun JM Gambang Syafaat sendiri.

Bagi saya sendiri tentu juga bukan perjalanan yang mudah untuk selalu istiqomah dalam mempersiapkan semuanya, seperti mempersiapkan mukadimah dan berita reportasenya untuk dipersembahkan bagi JM lainnya. Belum lagi membuat poster(pamflet), menyiapkan sound system, peralatan dan lain sebagainya, mungkin bagi saya sendiri dan penggiat lainnya tidak mungkin kalau hanya mengandalkan kemampuan seseorang saja, semua harus membutuhkan guyup rukun dan kerja sama antara penggiat dengan yang lainnya untuk menyiapkan semuanya tadi.

Saya sendiri sebagai JM juga pernah merasakan ketika membantu mempersiapkan semuanya di forum Gambang Syafaat, tidak ada perintah dari salah satu seseorang atau yang lainnya, semua kita lakukan atas dasar keikhlasan kita membantu menyiapkan peralatan dan lain-lainya. Kerja sama yang saya rasakan memang begitu terlihat sekali, dari sesudah ba’da Ashar hingga acara berlangsung sampai acara berakhir. Tentunya niat keikhlasan kita juga selalu menghadirkan Allah dan Rasulallah di dalam hati kita masing-masing, atas keikhlasan niat baik kita, sudah pasti Allah akan menolong kita.

Dengan niat keihklasan kepada Allah kita semua, yang tadinya terasa berat melakukan suatu hal, Insya Allah semua akan menjadi ringan, tentu rasa lelah akan berubah menjadi senang. Yang saya lihat di forum Gambang Syafaat semua yang mereka lakukan juga karena niat ikhlasnya masing-masing, tidak ada paksaan sama sekali. guyup rukun mereka selalu hadir di saat forum tersebut akan di mulai. Mereka semua bertauhid, manunggal, nyawiji dalam rasa cinta kepada Allah dan berhimpun menjadi Al-Mutahabina Fillah, hamba yang saling mencintai karena Allah. Padahal dahulunya mereka juga domisilinya berbeda-beda tempat, ada yang di Kudus, Demak, Kendal, Batang, Ungaran dan Semarang sendiri.

Di setiap tanggal 25, mereka berkumpul dan bekerja sama seperti halnya yang sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya yaitu di Forum Gambang Syafaat, yang sudah terbentuk 18 tahun yang lalu. Setelah selesai acara mereka semua juga membersihkan semua dan mengembalikan lagi ke tempatnya seperti sedia kala sebelum acara berlangsung. Peristiwa dan kejadian seperti halnya tadi memang murni, keikhlasan mereka hanya dipersembahkan untuk JM yang hadir, tidak untuk unjuk gigi satu sama yang lainnya.

Di bulan Desember tanggal 25 ini di forum Gambang Syafaat seakan-akan kita di harapkan memberikan kado atau bingkisan pada setiap orang yang baru merayakan hari ulang tahunnya, tetapi pada momentum yang spesial di forum Gambang Syafaat malah sebaliknya, bukannya kita memberi kado tapi kita malah di beri kado berupa ilmu-ilmu yang tentunya akan kita peroleh di setiap hadir di Majelis Masyarakat Maiyah Gambang Syafaat berlangsung. Tidak hanya satu kali, dua kali atau tiga kali ikut menimba ilmu di forum tersebut, tentunya sudah berkali-kali setiap hadir kita selalu mendapatkan ilmu yang belum tentu kita dapatkan di forum-forum Majelis lainnya.

Apalagi narasumber di forum Gambang Syafaat selalu menghadirkan orang yang tidak kita duga-duga. Memang Mbah Nun dan KiaiKanjeng tidak selalu hadir di forum tersebut, tetapi di forum tersebut selalu senantiasa menghadirkannya, kadang setiap Mbah Nun hadir di sana bukan semata-mata karena dihadirkan oleh para penggiat di forum Gambang Syafaat, melainkan kerinduan Mbah Nun sendiri untuk untuk hadir dan bertemu para kekasih Allah yang berada di wilayah Semarang dan sekitarnya.

Tidak cukup bagi saya kalau hanya mengucapkan selamat saja, tentunya dengan segala kerendahan hati saya dan dengan segala puji syukur kepada Tuhan Yang Esa, saya sebagai JM sangat bersyukur sekali sudah diperkenalkan kepada penggiat forum Gambang Syafaat dan JM yang lainnya. Semoga setelah menempuh perjalanan selama 18 tahun tetap selalu istiqomah dalam menjalankan perannya masing-masing dan guyup rukun di forum Gambang Syafaat ini selalu terjaga di bulan, tahun berikutnya. Amin amin yarobal alamin.

Jepara, Desember 2017